Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengolahan Air Payau / Desalinasi System


Mesin Pengolahan Air Payau (Desalinasi)

Proses mengolah air asin/payau menjadi air tawar atau sering dikenal dengan istilah desalinasi, ini merupakan service watermasindo yang cukup dipercaya.

Pengolahan Air Payau/ Desalinasi ini dikelompokkan menjadi 3 (tiga) macam yaitu 1. Proses destilasi (suling). 2. Proses penukar ion dan 3. Proses filtrasi.

Proses destilasi memanfaatkan energi panas untuk menguapkan air asin. Uap air tersebut selanjutnya didinginkan menjadi titik-titik air dan hasil ditampung sebagai air bersih yang tawar.

Proses desalinasi menggunakan teknik penukar ion memanfaatkan proses kimiawi untuk memisahkan garam dalam air. Pada proses ini ion garam (Na Cl) ditukar dengan ion seperti Ca+2 dan SO4-2.

Materi penukar ion berasal dari bahan alam atau sintetis. Materi penukar ion alam misalnya zeolit sedangkan yang sintetis resin (resin kation dan resin anion).

Proses desalinasi yang ke tiga menggunakan filter semipermeabel untuk memisahkan molekul garam dalam air.

Proses ketiga ini lebih dikenal dengan sistem osmose balik (Reverse Osmosis). Keistimewaan dari proses ini adalah mampu nyaring molekul yang lebih besar dari molekul air.
~~~~~~~~~
~~~~~~~~~ ~~~~~~~~~